MAKALAH KADER PKK BERPRESTASI (BAB I) - TP. PKK Kecamatan Cimanggung
Home » » MAKALAH KADER PKK BERPRESTASI (BAB I)

MAKALAH KADER PKK BERPRESTASI (BAB I)

BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG 

Pembangunan Nasional adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan bernegara. Pembangunan akan berhasil dengan efektif apabila di satu pihak ada fasilitas, kemudahan-kemudahan dan sistem pelayanan yang disediakan pemerintah dan di lain pihak ada partisipasi aktif seluruh masyarakat.

Suatu kenyataan bahwa pada pergantian abad 20 ke 21 terjadi perubahan di berbagai segi kehidupan masyarakat, terutama di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan. Hal ini diperparah lagi dengan adanya issue global warming yang berdampak pada kerusakan lingkungan serta penurunan kualitas dan kwantitas sumber daya manusia.

Kondisi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat mempunyai arti yang besar dalam proses pembangunan, karena kondisi keluarga dapat merupakan barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

Adanya Gerakan PKK dengan 10 program pokoknya yang menyentuh seluruh aspek kehidupan, ternyata masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, walaupun perkembangannya di daerah masih bervariasi.

Adanya kepentingan ’kelompok’ seringkali lebih dominan dan mempengaruhi dalam penyusunan kebijakan. Dalam situasi inilah Gerakan PKK tetap melangkah maju, mencari jalan terbaik secara dinamis dalam upaya mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan programnya sesuai dengan kondisi dan situasi serta kemampuan setempat.

Prinsip-prinsip dasar yang menjadi pegangan Gerakan PKK, antara lain:
  1. Gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan menampung aspirasi masyarakat.
  2. Adanya 10 Program Pokok PKK.
  3. Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK bersinergi dengan program sektoral.
  4. Kenggotaan TP PKK dan Kader PKK bersifat relawan.
  5. Kondisi wilayah setempat yang dapat dikelola sesuai kebutuhan seperti: lingkungan, sumber daya alam, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kesempatan, adanya sumber dana baik yang ada di daerah maupun yang didekonsentrasikan dari Pusat, dan kemungkinan yang lain.
Dalam era globalisasi persaingan untuk maju sangat ketat. Gerakan PKK dituntut untuk menumbuh kembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat, agar tidak keliru dalam menerima globalisasi. Tantangan yang dihadapi antara lain perkembangan sumberdaya manusia, pergeseran tata nilai, pemanfaatan sumberdaya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan tatanan Internasional dan penanganan manajemen pemerintahan dan pembangunan nasional yang dipengaruhi oleh berbagai faktor terkait. Untuk itu perlu adanya ketahanan keluarga dalam upaya mewujudkan keluarga sejahtera.

Proyeksi kependudukan dimasa mendatang memperlihatkan meningkatnya jumlah penduduk dan angkatan kerja usia muda serta meningkatnya prosentase penduduk usia lanjut. Hal ini menjadi perhatian TP PKK karena faktor-faktor tersebut mempunyai dampak yang sangat strategis yang perlu diperhitungkan dalam pengelolaan Gerakan PKK.

Gerakan PKK tetap memelihara hubungan konsultatif, koordinatif dengan tetap memperhatikan hirarki di seluruh jenjang TP PKK. Sistem perencanaan dimulai dari bawah (bottom-up planning system). Hal ini menjadi ikatan yang kuat antar semua jajaran Gerakan PKK dari Pusat sampai kelompok-kelompok Dasawisma.

Peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan harus lebih ditingkatkan, merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri

Untuk lebih meningkatnya pencapaian keberhasilan pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK, perlu dilaksanakannya monitoring, evaluasi, supervisi dan bimbingan, serta memberikan tanggapan/umpan balik ke daerah dalam pelaksanaan program, dan melalui hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes dan Posyandu inilah salah satu upaya yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan hasil dari pelaksanaan program yang dilaksanakan oleh para pengurus dan kader PKK di seluruh tingkatan.


B. RUANG LINGKUP

Ruang Lingkup penyusunan makalah ini pada Implementasi 10 Program Pokok PKK di Wilayah Kecamatan Cimanggung, antara lain :
  1. Penghayatan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Kesehatan
  7. Pendidikan dan Keterampilan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Pelestarian Lingkuhan Hidup
  10. Perencanaan Sehat

C. MAKSUD DAN TUJUAN

1. MAKSUD

Makalah ini dibuat sebagai bahan acuan dan evaluasi hasil dalam pencapaian keberhasilan 10 program pokok PKK di wilayah kecamatan Cimanggung khususnya.

2. TUJUAN

a. Umum
Memberikan Informasi dan laporan kepada TP. PKK Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan melalui peningkatan kemandirian Gerakan PKK dalam keluarga dan masyarakat di lingkungannya melalui pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK.

b. Khusus
  1. Tersosialisasinya program-program PKK
  2. Meningkatnya efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK secara merata di Kecamatan Cimanggung
  3. Menyampaikan pengalaman Kader PKK dalam membina Keluarga melalui 10 Program Pokok PKK di Kecamatan Cimanggung.
  4. Bahan pendukung pada pelaksanaan Lomba / Evaluasi Kader Berprestasi tingkat Kabupaten Sumedang. 


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 TP. PKK Kecamatan Cimanggung - All Rights Reserved
Support : YASEMA Centre | Proudly powered by Blogger
Template Design by Creating Website | Mas Template
Admin : Dicki Dirmania