Waspadai Fisik Makanan - TP. PKK Kecamatan Cimanggung
Home » , » Waspadai Fisik Makanan

Waspadai Fisik Makanan

Bahaya yang ada di makanan khususnya jajanan yang dijual di sembarangan tempat bukan hanya kontaminasi bakteri atau bahan kimia berbahaya. Bahaya fisik makanan itu sendiri juga perlu diwaspadai, misalnya resiko tersedak pada anak-anak.

Beberapa jenis makanan memiliki bentuk dan tekstur yang seringkali mengancam keselamatan anak kecil. Misalnya cilok, bentuknya yang bulat dengan tekstur yang kenyal bisa menyebabkan anak tersedak karena mudah tertelan lalu tersangkut di kerongkongan.

"Sayang kita tidak ada datanya, tapi seperti itu sering terjadi. Bahkan orang dewasa juga ada yang meninggal keselek telur," kata Dr. Roy Sparringa, Deputi Pengawasan Keamanan pangan dan Bahan Berbahaya dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Menurut Dr. Roy, resiko tersedak makanan rentan dialami oleh anak kecil di bawah usia 5 tahun termasuk murid Taman Kanak-kanak (TK).

Oleh karenanya, peran orangtua sangat penting untuk mengawasi dan jika perlu juga memotongkan agar lebih mudah dimakan.

Selain cilok dan telur, jenis makanan lain yang beresiko menyebabkan tersedak pada anak kecil adalah rambutan. Jika tidak dikupaskan dulu bijinya oleh orangtua, kadang buah rambutan yang baru dikupas kulitnya mudah sekali tertelan secara tidak sengaja.

Bukan hanya resiko tersedak, bahaya fisik makanan menurut Dr. Roy juga mencakup penggunaan stapler atau klip pada kemasan makanan maupun biting atau penusuk dari bambu pada bungkus tempe tradisional. Jika tidak hati-hati, benda-benda itu bisa tertelan dan berakibat fatal.

"Di sini produsen sebagai pelaku usaha memang harus ikut bertanggung jawab. Tapi di sisi lain, konsumen juga harus hati-hati," kata Dr. Roy.

Meski resikonya tidak kalah fatal, bahaya fisik makanan seringkali kurang mendapat perhatian seperti halnya bahaya lainnya yakni kimia dan mikrobiologi. Bahaya kimia meliputi penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti boraks dan pewarna rodhamin, sedangkan bahaya mikrobiologi mencakup pencemaran bakteri dan sejenisnya. 
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 TP. PKK Kecamatan Cimanggung - All Rights Reserved
Support : YASEMA Centre | Proudly powered by Blogger
Template Design by Creating Website | Mas Template
Admin : Dicki Dirmania